METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB KELAS IDI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO
Undergraduate Theses from JIPTUMM / 2002-05-24 11:49:00
Oleh : RIRIN FAISAL (95110049), Dept. of Tarbiyah
Dibuat : 2002-07-22, dengan 1 file

Keyword : pelaksanaan pengajaran
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai. Dalam mengajarkan setiap mata pelajaran setiap guru dalam menjalankan tugasnya didalam kelas ia selalu menggunakan daya dan usaha agar murid dapat mengerti dan paham apa yang di terangkan. Semua itu dinamakan metode pengajaran. Tanpa adanya pengajarn yang baik suatu pengajaran tidak akan mencapai suatu tujuan yang direncanakan, karena metode pengajaran adalah suatu jalan yang dilalui oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pengajaran dari mata pelajaran yang disampaikan.
Tepat tidaknya guru dalam memilih metode pengajarna adalah salah satu faktor keberhasilan seorang guru. Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan bahasa asing lainnya. Misalnya bahasa Inggris atau bahasa Jerman. Oleh sebab itu dalam mengajarkan bahasa arab harus dapat memilih metode yang tepat demi tercapainya tujuan yang diharapkan, dilain itu siswa berbeda kemampuan. Guru dituntut untuk kreatif dan inovatif agar anak didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan.
Dalam mengajarkan suatu pelajaran bahasa Arab terdapat beberapa metode yang digunakan. Dari bermacam-macam tersebut mungkin seorang pengajar memerlukan dua, tiga metode dalam suatu proses pengajaran di kelas karena setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut diatas dalam penulisan skripsi ini penulis ingin mengkaji metode pengajaran bahasa Arab dalam rumusan : (1) metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa Arab; (2) Faktor apa saja yang gmendukung dan menghambat pengajaran bahasa Arab khususnya dimadrasah Aliyah Islamiyah Talun Sumbberrejo.
Sedangkan tujuan dari yang ingin dicapai dari peulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa arab, (2) Faktor apa saja yag mendukung dan menghambat pelaksanaan pengajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada Madrasah Aliyh Islamiyah Talun Sumberrejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara / interview dan dokumentasi. Sumber data penulis peroleh dari sumber data primer, yaitu informan yang terdiri dari guru bahasa Arab kelas I. Dan sumber data sekunder adalah sumber data tangan kedua tempat penyimpanan dokumen.
Dari hasil penilitian dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di MAI Talun adalah metode eklektik atau metode campuran yang pelaksnaannya mengambil aspek-aspek kelebihan dari bermacam-macam metode. Faktor pendukung dalam pengajaran Bahasa Arab di MAI Talun adalah kemampuan guru bahasa Arab yang tinggi, siswa yang sudah mempunyai bekal yang cukup dari MTS dibawahnya. Sedangkan faktor penghambat kurang adanya fasilitas pengajaran bahasa arab dan siswa tidak diasramakan, sehingga siswa hanya biasa berbahasa arab di dalam kelas.
Pada akhir penulisan skripsi ini ada beberapa saran yang dapat dijadikan dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab sehingga lebih efektif dan perlu adanya laboratorium bahasa atau audiovisual dan disamping pula ditekankan pula praktek. Karena dalam praktek tersebut anak akan biasa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar.
Deskripsi Alternatif :

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai. Dalam mengajarkan setiap mata pelajaran setiap guru dalam menjalankan tugasnya didalam kelas ia selalu menggunakan daya dan usaha agar murid dapat mengerti dan paham apa yang di terangkan. Semua itu dinamakan metode pengajaran. Tanpa adanya pengajarn yang baik suatu pengajaran tidak akan mencapai suatu tujuan yang direncanakan, karena metode pengajaran adalah suatu jalan yang dilalui oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pengajaran dari mata pelajaran yang disampaikan.
Tepat tidaknya guru dalam memilih metode pengajarna adalah salah satu faktor keberhasilan seorang guru. Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan bahasa asing lainnya. Misalnya bahasa Inggris atau bahasa Jerman. Oleh sebab itu dalam mengajarkan bahasa arab harus dapat memilih metode yang tepat demi tercapainya tujuan yang diharapkan, dilain itu siswa berbeda kemampuan. Guru dituntut untuk kreatif dan inovatif agar anak didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan.
Dalam mengajarkan suatu pelajaran bahasa Arab terdapat beberapa metode yang digunakan. Dari bermacam-macam tersebut mungkin seorang pengajar memerlukan dua, tiga metode dalam suatu proses pengajaran di kelas karena setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut diatas dalam penulisan skripsi ini penulis ingin mengkaji metode pengajaran bahasa Arab dalam rumusan : (1) metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa Arab; (2) Faktor apa saja yang gmendukung dan menghambat pengajaran bahasa Arab khususnya dimadrasah Aliyah Islamiyah Talun Sumbberrejo.
Sedangkan tujuan dari yang ingin dicapai dari peulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa arab, (2) Faktor apa saja yag mendukung dan menghambat pelaksanaan pengajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada Madrasah Aliyh Islamiyah Talun Sumberrejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara / interview dan dokumentasi. Sumber data penulis peroleh dari sumber data primer, yaitu informan yang terdiri dari guru bahasa Arab kelas I. Dan sumber data sekunder adalah sumber data tangan kedua tempat penyimpanan dokumen.
Dari hasil penilitian dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di MAI Talun adalah metode eklektik atau metode campuran yang pelaksnaannya mengambil aspek-aspek kelebihan dari bermacam-macam metode. Faktor pendukung dalam pengajaran Bahasa Arab di MAI Talun adalah kemampuan guru bahasa Arab yang tinggi, siswa yang sudah mempunyai bekal yang cukup dari MTS dibawahnya. Sedangkan faktor penghambat kurang adanya fasilitas pengajaran bahasa arab dan siswa tidak diasramakan, sehingga siswa hanya biasa berbahasa arab di dalam kelas.
Pada akhir penulisan skripsi ini ada beberapa saran yang dapat dijadikan dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa arab sehingga lebih efektif dan perlu adanya laboratorium bahasa atau audiovisual dan disamping pula ditekankan pula praktek. Karena dalam praktek tersebut anak akan biasa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar.
http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptumm-gdl-s1-2002-ririn-4992-pengajaran

Comments

Popular posts from this blog

kritik atas dollar sebagai acuan perekonomian dunia

الغنائم والفيء

Baitul Mal dalam Keuangan Publik