METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB KELAS
IDI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO
Undergraduate Theses from JIPTUMM /
2002-05-24 11:49:00
Oleh : RIRIN FAISAL (95110049), Dept. of Tarbiyah
Dibuat : 2002-07-22, dengan 1 file
Keyword : pelaksanaan pengajaran
Oleh : RIRIN FAISAL (95110049), Dept. of Tarbiyah
Dibuat : 2002-07-22, dengan 1 file
Keyword : pelaksanaan pengajaran
Keberhasilan
suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai.
Dalam mengajarkan setiap mata pelajaran setiap guru dalam menjalankan tugasnya
didalam kelas ia selalu menggunakan daya dan usaha agar murid dapat mengerti
dan paham apa yang di terangkan. Semua itu dinamakan metode pengajaran. Tanpa
adanya pengajarn yang baik suatu pengajaran tidak akan mencapai suatu tujuan
yang direncanakan, karena metode pengajaran adalah suatu jalan yang dilalui
oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pengajaran dari mata pelajaran yang
disampaikan.
Tepat
tidaknya guru dalam memilih metode pengajarna adalah salah satu faktor
keberhasilan seorang guru. Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang mempunyai
ciri khas tersendiri yang berbeda dengan bahasa asing lainnya. Misalnya bahasa
Inggris atau bahasa Jerman. Oleh sebab itu dalam mengajarkan bahasa arab harus
dapat memilih metode yang tepat demi tercapainya tujuan yang diharapkan, dilain
itu siswa berbeda kemampuan. Guru dituntut untuk kreatif dan inovatif agar anak
didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan.
Dalam
mengajarkan suatu pelajaran bahasa Arab terdapat beberapa metode yang
digunakan. Dari bermacam-macam tersebut mungkin
seorang pengajar memerlukan dua, tiga metode dalam suatu proses pengajaran di
kelas karena setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Sehubungan dengan permasalahan
tersebut diatas dalam penulisan skripsi ini penulis ingin mengkaji metode
pengajaran bahasa Arab dalam rumusan : (1) metode apa saja yang digunakan guru
dalam mengajar bahasa Arab; (2) Faktor apa saja yang gmendukung dan menghambat
pengajaran bahasa Arab khususnya dimadrasah Aliyah Islamiyah Talun Sumbberrejo.
Sedangkan tujuan dari yang ingin
dicapai dari peulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui metode apa saja
yang digunakan guru dalam mengajar bahasa arab, (2) Faktor apa saja yag
mendukung dan menghambat pelaksanaan pengajaran bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada Madrasah Aliyh Islamiyah
Talun Sumberrejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara /
interview dan dokumentasi. Sumber
data penulis peroleh dari sumber data primer, yaitu informan yang terdiri dari
guru bahasa Arab kelas I. Dan sumber data sekunder adalah sumber data tangan
kedua tempat penyimpanan dokumen.
Dari hasil penilitian dapat
diketahui metode yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di MAI Talun adalah
metode eklektik atau metode campuran yang pelaksnaannya mengambil aspek-aspek
kelebihan dari bermacam-macam metode. Faktor pendukung dalam pengajaran Bahasa
Arab di MAI Talun adalah kemampuan guru bahasa Arab yang tinggi, siswa yang
sudah mempunyai bekal yang cukup dari MTS dibawahnya. Sedangkan faktor
penghambat kurang adanya fasilitas pengajaran bahasa arab dan siswa tidak
diasramakan, sehingga siswa hanya biasa berbahasa arab di dalam kelas.
Pada akhir penulisan skripsi ini ada
beberapa saran yang dapat dijadikan dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa
arab sehingga lebih efektif dan perlu adanya laboratorium bahasa atau
audiovisual dan disamping pula ditekankan pula praktek. Karena dalam
praktek tersebut anak akan biasa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar.
Deskripsi
Alternatif :
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai. Dalam mengajarkan setiap mata pelajaran setiap guru dalam menjalankan tugasnya didalam kelas ia selalu menggunakan daya dan usaha agar murid dapat mengerti dan paham apa yang di terangkan. Semua itu dinamakan metode pengajaran. Tanpa adanya pengajarn yang baik suatu pengajaran tidak akan mencapai suatu tujuan yang direncanakan, karena metode pengajaran adalah suatu jalan yang dilalui oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pengajaran dari mata pelajaran yang disampaikan.
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai. Dalam mengajarkan setiap mata pelajaran setiap guru dalam menjalankan tugasnya didalam kelas ia selalu menggunakan daya dan usaha agar murid dapat mengerti dan paham apa yang di terangkan. Semua itu dinamakan metode pengajaran. Tanpa adanya pengajarn yang baik suatu pengajaran tidak akan mencapai suatu tujuan yang direncanakan, karena metode pengajaran adalah suatu jalan yang dilalui oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pengajaran dari mata pelajaran yang disampaikan.
Tepat tidaknya guru dalam memilih metode pengajarna adalah salah satu
faktor keberhasilan seorang guru. Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang
mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda dengan bahasa asing lainnya.
Misalnya bahasa Inggris atau bahasa Jerman. Oleh sebab itu dalam mengajarkan
bahasa arab harus dapat memilih metode yang tepat demi tercapainya tujuan yang
diharapkan, dilain itu siswa berbeda kemampuan. Guru dituntut untuk kreatif dan
inovatif agar anak didik dapat memahami pelajaran yang disampaikan.
Dalam mengajarkan suatu pelajaran bahasa Arab terdapat beberapa metode
yang digunakan. Dari
bermacam-macam tersebut mungkin seorang pengajar memerlukan dua, tiga metode
dalam suatu proses pengajaran di kelas karena setiap metode mempunyai kelebihan
dan kekurangan tersendiri.
Sehubungan
dengan permasalahan tersebut diatas dalam penulisan skripsi ini penulis ingin
mengkaji metode pengajaran bahasa Arab dalam rumusan : (1) metode apa saja yang
digunakan guru dalam mengajar bahasa Arab; (2) Faktor apa saja yang gmendukung
dan menghambat pengajaran bahasa Arab khususnya dimadrasah Aliyah Islamiyah
Talun Sumbberrejo.
Sedangkan
tujuan dari yang ingin dicapai dari peulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk
mengetahui metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar bahasa arab, (2)
Faktor apa saja yag mendukung dan menghambat pelaksanaan pengajaran bahasa
Arab.
Penelitian
ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus pada Madrasah
Aliyh Islamiyah Talun Sumberrejo. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan metode wawancara / interview dan dokumentasi. Sumber data penulis peroleh dari
sumber data primer, yaitu informan yang terdiri dari guru bahasa Arab kelas I.
Dan sumber data sekunder adalah sumber data tangan kedua tempat penyimpanan
dokumen.
Dari hasil
penilitian dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru Bahasa Arab di MAI
Talun adalah metode eklektik atau metode campuran yang pelaksnaannya mengambil
aspek-aspek kelebihan dari bermacam-macam metode. Faktor pendukung dalam
pengajaran Bahasa Arab di MAI Talun adalah kemampuan guru bahasa Arab yang
tinggi, siswa yang sudah mempunyai bekal yang cukup dari MTS dibawahnya.
Sedangkan faktor penghambat kurang adanya fasilitas pengajaran bahasa arab dan
siswa tidak diasramakan, sehingga siswa hanya biasa berbahasa arab di dalam
kelas.
Pada akhir
penulisan skripsi ini ada beberapa saran yang dapat dijadikan dalam
meningkatkan prestasi belajar bahasa arab sehingga lebih efektif dan perlu
adanya laboratorium bahasa atau audiovisual dan disamping pula ditekankan pula
praktek. Karena dalam praktek tersebut anak akan biasa menggunakan bahasa arab
dengan baik dan benar.
http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptumm-gdl-s1-2002-ririn-4992-pengajaran
Comments
Post a Comment